Daftar Blog Saya

Rabu, 24 Agustus 2022

MENGENAL TOOLS-TOOLS ADOBE FLASH

Berikut ini nama-nama tool beserta fungsinya ::
Selection Tool, Digunakan untuk memilih dan memindahkan objek-objek yang ada di dalam stage. Subselection, Mirip dengan Selection Tool, tetapi kita bisa memilih komponen-komponen terkecil bila objek yang aktif merupakan objek shape. Free Transform, Digunakan untuk memanipulasi objek yang terpilih. Manipulasi yang bisa kita lakukan antara lain rotate, scaling, skew, dll. Gradient Transform, Digunakan untuk memanipulasi warna gradien yang ada pada objek. 3D Rotation, Memanipulasi objek menjadi gambar tiga dimensi. Lasso Tool, Digunakan untuk memilih bagian dar objek shape dengan bentuk yang kita inginkan. Tidak seperti selection Tool yang hanya memungkinkan kita memilih objek Shape dengan cakupan wilayah persegi. Pen Tool, Digunakan untuk menggambar objek shape secara manual. Add Anchor Point, Digunakan untuk menggambar objek shape secara manual. Delete Anchor Point, Digunakan untuk menghapus vertex yang ada pada garis shape. Convert Anchor Point, Merubah garis menjadi bentuk kurva. Text Tool, Digunakan untuk menambahkan komponen teks pada satge, typenya antara lain Static text, dynamic text, input text. Line Tool, Digunakan untuk menggambar garis lurus, hasilnya berupa garis shape. Rectangle, Digunakan untuk membuat objek shape berbentuk persegi. Oval Tool, Digunakan untuk membuat objek shape berbentuk oval/lingkaran. Rectangle Primitive Tool, Digunakan untuk membuat gambar berupa persegi, yang modifikasinya tetap dipertahankan pada bentuk aslinya, type gambarnya bersifat vektor tapi bukan shape. Oval Primitive Tool, Digunakan untuk membuat gambar berupa Oval, yang modifikasinya tetap dipertahankan pada bentuk aslinya, type gambarnya bersifat vektor tapi bukan shape. Polystar Tool, Digunakan untuk membuat objek shape dengan banyak sisi. Pencil, Digunakan Untuk Menggambar garis secara bebas, hasilnya berupa garis shape. Brush, Digunakan untuk mewarnai stage, seakan layaknya sebuah cat, bentuk yang dihasilkan merupakan objek shape. Deco, Tool baru pada adobe flash yang digunakan untuk membuat objek dekorasi. Bone, Digunakan sebagai alat bantu untuk melakukan pergerakan animasi. Paint Bucket, Digunakan untuk mewarnai pada suatu bidang/objek yang dipilih. Ink Bottle Tool, Digunakan untuk mewarnai pada tepi/edge dari objek yang dipilih. Eyedropper, Digunakan untuk mengeset warna yang dipilh sebagai warna aktif untuk Stroke atau Fill Color. Eraser, Digunakan untuk mengahapus objek shape yang ada dalam stage. Hand, Digunakan untuk bernavigasi secara bebas. Zoom, Digunakan untuk memperbesar/memperkecil ukuran semua objek yang ada pada stage.
Menu berisi control untuk berbagai fungsi seperti membuat, membuka, dan menyimpan file, copy, paste, dan lain-lain. Stage adalah area persegi empat yang merupakan tempat dimana kita membuat objek atau animasi yang akan dimainkan. Toolbox berisi koleksi untuk membuat atau menggambar, memilih dan memanipulasi isi stage dan timeline. Toolbox dibagi menjadi empat, yaitu Tools, View, Colors dan Options. Beberapa tool mempunyai bagian option. Contohnya, ketika Selection tool dipilih, Option snap, smouth, straigten, rotate dan scale akan muncul di bagian options. Timeline adalah tempat kita dapat membuat dan mengontrol objek dan animasi. Panels berisi control fungsi yang dipakai dalam flash, yaitu untuk mengganti dan memodifikasi berbagai property objek atau animasi secara cepat dan mudah. Properties merupakan window yang digunakan untuk mengatur property dari objek yang kita buat. Components digunakan untuk menambahkan objek untuk web application yang nantinya di publish ke internet.
Frame adalah kotak-kotak berurutan dalam timeline, di frame inilah nantinya akan menentukan animasi apa yang akan dibuat atau dari frame awal sampai ke frame yang diinginkan untuk membentuk suatu pergerakan animasi. Keyframe ditkitai dengan titik hitam pada frame, ini berarti bahwa ada objek pada frame tersebut. Blank Keyframe ditkitai dengan frame yang putih atau kosong. Ini berarti bahwa tidak ada objek. Action Frame ditkitai dengan huruf ‘a’ di atas titik hitam, ini berarti bahwa ada action script padxa frame tersebut. Sound Frame ditkitai dengan gelombang suara pada frame, ini berarti bahwa ada suara yang dimasukan pada frame tersebut. Motion tween frame ditkitai dengan warna unggu dengan panah diantara dua frame. Shape tween frame ditkitai dengan warna hijau dengan panah diantara dua frame. Playhead ditkitai dengan warna merah yang terletak di atas frame, ini berfungsi untuk menjalankan animasi yang bisa langsung dilihat pada stage.
Mode Aktif ditandai dengan gambar pensil, mode ini menunjukkan bahwa layer sedang aktif dan siap untuk mengerjakan suatu objek pada layer tersebut. Mode Normal adalah mode yang bisa dilihat dan diedit ketika mode ini menjadi mode aktif. Mode Terkunci ditkitai dengan gambar gembok kecil yang terkunci. Pada mode ini kita hanya bisa melihat objek pada layer tanpa bisa mengeditnya. Mode tersembunyi ditkitai dengan tkita X, pada mode ini kita tidak dapat melihat objek pada layer. Mode ini diperlukan untuk lebih leluasa mengedit objek pada layer lain. Mode Outline ditkitai dengan kotak tanpa warna, yang berarti tidak menampilkan objek secara keseluruhan, hanya garis luarnya saja yang terlihat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar